Sejarah Uty

Di Yogyakatra banyak sekali ditemukankan perguruan-perguruan tinggi sehingga kota ini mendapat julukan sebagai kota pelajar. Perguruan-perguruan tinggi yang terdapat di kota pelajar ini sangatlah banyak dan bervariatif, ada yang berfokus pada teknologi, ekonomi, dan sebagainya. Salah satunya adalah Universitas Teknologi Yogyakarta.

“UTY” berdiri pada tanggal 23 Oktober 2002 di kota Yogyakarta. Pendirian UTY ditandai dengan turunnya SK penggabungan dari Menteri Pendidikan Nasional RI bernomor 237/D/0/2002 tertanggal 23 Oktober 2002. UTY didirikan oleh para pengurus Yayasan “Dharma Bhakti IPTEK” yang telah terbukti memiliki komitmen tinggi memajukan kehidupan anak bangsa melalui lembaga pendidikan yang di kelola sebelumnya. Tujuan pendirian UTY telah digariskan dalam visi dan misi UTY yakni menjadi universitas unggul di kawasan Asia Tenggara pada abad 21 melalui berbagai rencana yang unggul.

UTY bernaung di bawah Yayasan “Dharma Bhakti IPTEK”. UTY merupakan gabungan dari tiga perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, berikut ini adalah tiga perguruan tinggi pendiri Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY):

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ‘Yogyakarta’ (STIEYO): menjadi Fakultas Ekonomi (FE) sekarang disebut Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi (FITB), Fakultas Psikologi (FPsi), Program Pascasajana (PPs), dan Program Profesi.
Akademi Bahasa Asing ‘Yogyakarta’ (ABAYO): sekarang menjadi Fakultas Sastra dan Budaya (FSB).
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dharma Bangsa : sekarang menjadi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) serta terletaknya Gedung Rektorat.
Program Diploma 3 Akuntansi atau dahulu Akademi Akuntansi YOGYAKARTA (AA ‘YO’) merupakan awal berdirinya Fakultas Ekonomi UTY bahkan Universitas Teknologi Yogyakarta. Program studi ini sudah berdiri sejak tahun 1981 berdasarkan SK Mendikbud RI Nomor 029/O/1981. Prodi Diploma 3 Akuntansi mengalami perkembangan yang cukup pesat dari tahun ke tahun yang ditandai dengan jumlah penerimaan mahasiswa baru yang terus meningkat. Tahun 1994 AA’Yo’ berkembang menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yogyakarta, dan sejak itu Program Studi D-3 Akuntansi menjadi Program salah sat program Studi di STIE ‘Yo’. Sejak tahun 2002, dengan berdirinya Universitas Teknologi Yogyakarta dan STIE Yo menjadi fakultas Ekonomi, PS D-3 Akuntansi juga menjadi bagian dari FE UT, dan sampai sekarangProgramStudi D-3 Akuntansi menjadi bagian dari Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi (F-ITB) UTY.

Penggabungan ini dilakukan karena beberapa alasan, yang salah satunya adalah untuk antisipasi ke depan dalam menghadapi persaingan global. Diharapkan melalui penggabungan ini akan muncul suatu sinergi yang kuat yang berasal dari masing-masing PTS untuk mencapai cita-cita yang dinginkan bersama.

Guna menjaga ikatan emosional antara alumni dan didukung pimpinan UTY maka didirikan suatu wadah atau lembaga yang dapat menampung aspirasi dan menaungi alumni AAA (Akademi Ajun Akuntan), AA “YO” (Akademi Akuntansi Yogyakarta), STIE “YO” (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yogyakarta), ABAYO (Akademi Bahasa Asing Yogyakarta), STMIK Dharma Bangsa dan UTY (Universitas Teknologi Yogyakarta) diberi nama Ikatan Keluarga Alumni UTY (disingkat IKA-UTY). Hal ini sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Visi, Misi dan Tujuan Universitas Teknologi Yogyakarta yang merangkul semua alumninya untuk membangun sinergi yang lebih baik dimasa yang akan datang.

 

Tinggalkan komentar